Selasa, 07 Februari 2012

 Sejarah dan Perjalanan Universitas Pembangunan Nasional "VETERAN" Jakarta  

            Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) yang saat ini tengah berusia 49 tahun, diresmikan berdiri pada 7 Januari 1963 berdasarkan Akta Notaris R Kardiman Nomor 14 Tahun 1963. Pada awal berdirinya, UPNVJ terdiri dari tiga akademi, yaitu Akademi Bank, Akademi Tekstil, dan Akademi Tata Laksana Pelayanan Niaga Yos Sudarso. Ketiga akademi ini menjadi core inti serta ciri khas UPNVJ pada masa itu.

            Pada saat ini UPNVJ dalam masa transisi menuju ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diharapkan memiliki peran sebagai perguruan tinggi yang berorientasi pada pemberdayaan sumber daya nasional untuk kepentingan pertahanan (nirmiliter) dan pembangunan nasional. Melalui transisi ini diharapkan nantinya akan berdampak pada semakin majunya UPNVJ ke depan.
           Saat ini di UPNVJ sudah terdapat tujuh fakultas yang terdiri dari fakultas ekonomi, fakultas ilmu komputer, fakultas kedokteran, fisip, fakultas teknik, fakultas hukum, fakultas ilmu kesehatan.
           UPNVJ mendirikan lembaga kajian CNSS (Centre for National Security Studies) pada 10 Juni 2011. Tugas utamanya, memasyarakatkan kembali empat pilar wawasan kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika, dengan tujuan mewujudkan keamanan nasional.
             Program kewirausahaan yang dilaksanakan oleh UPNVJ, akan mendidik dan melatih para mahasiswa agar selepas dari UPNVJ memiliki kemampuan dalam berwiraswasta. Program tersebut selain akan diberdayakan UPNVJ dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyampaikan proposal berwiraswasta, juga akan bekerja sama dengan mitra kerja UPNVJ, seperti Bank BNI, Bank Yudha Bhakti, Bank Mega Syariah, dan Bank Mandiri. Selain itu, akan diupayakan kerja sama dengan berbagai perusahaan yang ada di Jabodetabek. Pelatihan akan diselenggarakan di kampus UPNVJ II di Limo Business Centre, Cinere, Depok.

           





Tidak ada komentar:

Posting Komentar